Jumat, 20 September 2013

Sejarah Teknik Elektro



Riwayat berdirinya Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Bali seiring dengan berdirinya Politeknik Negeri Bali yaitu pada tanggal 5 Oktober 1987.

Politeknik Negeri Bali (PNB) adalah  salah satu institusi pendidikan tinggi yang  menyelenggarakan pendidikan vokasional, pada awal pendiriannya bernama Politeknik UNUD.  Politeknik UNUD didirikan pada tanggal 5 Oktober 1987 berdasarkan SK Dirjen DIKTI nomor 80/DIKTI/Kep/1985. Selanjutnya diperbaharui dengan SK nomor 81/DIKTI/Kep/1989 tertanggal 10 Agustus 1989. Pengukuhan berdirinya Politeknik UNUD beserta 6 (enam) Jurusannya, yaitu Jurusan : Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Akuntansi, Administrasi Niaga dan Pariwisata ditetapkan dengan SK Mendikbud nomor 0313/O/1991, tanggal 6 Juni 1991. Kemudian berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor : 081/O/1997 tanggal 28 April 1997, Politeknik UNUD berdiri sendiri menjadi Politeknik Negeri Bali.


Jurusan Teknik Elektro (JTE) merupakan salah satu dari 6 (enam) Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Bali mengembangkan program pendidikan profesional melalui jalur pendidikan Diploma Tiga (D III). Dalam pelaksanaan program pendidikan terkonsentrasi pada bidang Instalasi Listrik dan bidang Elektronika (Elektronika, Mikroprosesor dan Telekomunikasi) yang berlandaskan kepada industri lokal di Bali, yaitu industri pariwisata serta berlandaskan pada Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang dimilikinya.

Dalam rangka untuk mendapatkan pengakuan status jurusan maka pada tahun 2004 Jurusan Teknik Elektro mengikuti program akreditasi yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN). JTE PNB mendapatkan status akreditasi B yang berlaku sejak tanggal   23 juni 2005 hingga  23 juni 2010 . Dengan memiliki status akreditasi B ini Jurusan memenuhi syarat untuk mengikuti Program Hibah Kompetisi yang lebih tinggi dari program Semi QUE yang telah selesai pelaksanaannya tahun 2005 yang lalu. Salah satu hasil program Semi QUE tersebut adalah jurusan memiliki 2 konsentrasi yaitu konsentrasi Instalasi Listrik dan konsentrasi Elektronika (Elektronika, Mikroprosesor, dan Telekomunikasi). Mulai tahun ajaran 2007/2008 Jurusan Teknik Elektro membuka Program Studi DIII Sistem informatika.


Sumber : PNB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar