Minggu, 22 September 2013

Program Studi DIII Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Bali menyelenggarakan program pendidikan Diploma Tiga ( D III ) dengan lama studi 3 tahun ( 6 semester ) dengan dua program Studi, yaitu Program Studi Teknik Elektro dan Program Studi Manajemen Informasi. Tujuan pendidikannya adalah menyiapkan peserta didik yang profesional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi kelistrikan untuk kesejahteraan manusia. Mulai tahun akademik 2004/2005 Program Studi Teknik Elektro memiliki dua konsentrasi yaitu Instalasi Listrik dan Elektronika.

1. Program Studi Teknik Elektro Konsentrasi Instalasi Listrik
Pendidikan D III Program Studi Teknik Elektro Konsentrasi Instalasi Listrik bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan pekerjaan di bidang kelistrikan secara profesional, seperti :
  • Mampu merancang, melaksanakan pemasangan, memelihara/memperbaiki, pengamanan suatu instalasi listrik baik instalasi penerangan maupun instalasi tenaga.
  • Mampu melakukan pengawasan (suvervisi) dan memimpin pelaksanaan suatu proyek instalasi listrik tegangan rendah sampai dengan tegangan menengah.
  • Mampu memimpin dan melaksanakan perawatan dan perbaikan alat-alat listrik rumah tangga, instalasi alat-alat komunikasi, dan peralatan elektronik.
  • Memiliki sikap mandiri dalam melaksanakan tugas-tugasnya dengan berpedoman pada moto tepat waktu, tepat aturan, tepat ukuran, serta keselamatan dan kesehatan kerja.

2.Program Studi Teknik Elektro Konsentrasi Elektronika
Program Studi Teknik Elektro Konsentrasi Elektronika bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan instalasi, perawatan dan perbaikan peralatan di bidang elektronika secara profesional, seperti :

  • Mampu memelihara dan memperbaiki audio, radio, televisi dan video
  • Mampu merancang, melaksanakan pemasangan, memelihara/memperbaiki instalasi telekomunikasi dan kontrol elektronik.
Dengan demikian, para lulusannya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional di bidang kelistrikan dan elektronika pada industri pariwisata dan industri pendukungnya, serta masyarakat umum. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan di atas, Jurusan Teknik Elektro dilengkapi dengan fasilitas laboratorium dan workshop. Laboratorium dan workshop yang ada di Jurusan Teknik Elektro adalah sebagai berikut :

  1. Workshop Instalasi Listrik & Mekanik
  2. Workshop Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik
  3. Workshop Elektronika & Instrumentasi
  4. Laboratorium Perancangan Instalasi Listrik
  5. Laboratorium Mesin-Mesin Listrik
  6. Laboratorium Mikroprosesor dan Sistem Kontrol
  7. Laboratorium Fisika
  8. Simulasi JTM
  9. Gardu tiang dan Radio FM 106,4 Mhz


Sumber : PNB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar