Senin, 23 September 2013

Distribusi IP Address


Untuk mendapatkan sebuah pengalamatan atau yang biasa disebut IP Addressing, biasanya kita mendapatkannya dari ISP (Internet Service Provider) atau provider internet kita. Alokasi IP Address yang ada pada sebuah ISP didapatkan dari NAP (Network Address Provider) atau bias langsung ISP tersebut request melalui administrative. Badan khusus Dunia yang untuk mengurusi request IP Addressing ini adalah IANA (Internet Assigned Number Authority). Local Internet Registry (LIR) atau National Internet Registry (NIR) atau dari Regional Internet Registry (RIR), agar mudah dalam administrasinya maka pengurusan RIR dipecah dalam beberapa region. Agar mudah dalam administrative penggunaan dan alokasi IP Address, IANA membagi dalam beberapa region yaitu :

  1. AfriNIC (African Network Information Centre) - Africa Region
  2. APNIC (Asia Pacific Network Information Centre) - Asia/Pacific Region
  3. ARIN (American Registry for Internet Numbers) - North America Region
  4. LACNIC (Regional Latin-American and Caribbean IP Address Registry) Amerika Latin
    dan beberapa negara di pulau Caribbean / Caribia
  5. RIPE NCC (Réseaux IP Européens) - Europe, the Middle East, dan Asia Tengah


Request
APNIC yang mengurusi request, assignment dan approve dari setiap kebutuhan IP Address dan penomeran AS Number (Autonomous Sytems) user di wilayah Asia Pasific. Dari gambar hirarki dibawah ini, Alokasi IP Address yang diberikan oleh IANA ke APNIC, yang akan mendistribusikan di wilayah Asia Pacific Region. APNIC akan mengalokasikan IP Address ke IR dan juga pendelegasian beserta assignment dan alokasi yang diberikan. Dalam beberapa kasus bisa saja persetujuan IP Address langsung dari APNIC ke end user. Sedangkan NIR melakukan alokasi dan persetujuan space IP Address untuk anggota dan customer mereka dibawah peraturan dariAPNIC dan disertakan dengan kebijakan dan prosedur pengiriman pada dokumen tersebut. (http://www.iana.org/ipaddress/ip-addresses.htm)


Request, Alokasi & Pengelolaan IP Addressing 3
Peraturan IANA dalam mengalokasikan IP Address dari kebutuhan disetiap RIR dilihat dari kebutuhannya. Pada saat RIR membutuhkan lagi IP Address untuk dialokasikan atau di assignment di regionnya masing-masing, IANA akan memberikan alokasi tambahan kepada RIR. Alokasi IP Address disetiap region dapat dilihat di http://www.iana.org/assignments/ipv4-address-space. dengan alokasi ini juga sangat bermanfaat, dimana kejahatan dunia underground di Internet sudah sangat mengkhawatirkan. Dengan database di APNIC kita dapat mengetahui registrasi IP Address yang digunakan pada region tertentu, yang bisa digunakan Request, Alokasi & Pengelolaan IP Addressing 3 untuk mentrack down sumber dari network abuse dan menemukan kontak detail dari administrator jaringannya. Pada saat kita mendaftarkan / mendapatkan IP Address dari APNIC maka informasi WHO IS DATABASE dan AS Number akan diregistrasi secara detail, misalnya informasi sebuah IP Address yang didapatkan dari ISP. Untuk dapat melihat semua informasi detail dari IP Address kita atau IP Address yang ingin kita ketahui informasinya dapat ke http://wq.apnic.net/apnicbin/whois.pl atau www.dnsstuff.com. Untuk mendapatkan IP Address sebuah web site tertentu kita dapat menggunakan beberapa cara untuk mendapatkan informasinya. Kita bisa menggunakan fasilitas dari www.dnsstuff.com / www.network-tools.com / kalau web sitenya berahiran *.id bisa ke https://register.net.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar